APS (Anak Porsea Satu) | Aliran Sungai Asahan Terancam Rusak Akibat Eceng Gondok


Dari waktu ke waktu dapat kita perhatikan semakin menjamur tumbuhan eceng gondok di sekitaran aliran sungai asahan yang bilamana jika dibiarkan terus menerus dapat mencemari aliran Sungai dan bahkan bisa sampai sekitaran Danau Toba.

Perkembangan eceng gondok akan mempengaruhi pencemaran air dan berpotensi merusak ekosistem yang ada disekitaran aliran Sungai Asahan. Penjagaan ekosistem dari aspek pencemaran sangat diperlukan, terlebih limbah rumah tangga yang sering dibuang langsung ke aliran Sungai Asahan.

Pentingnya kesadaran dari Masyarakat setempat untuk menanggulangi pertumbuhan eceng gondok ini agar kelestarian sungai Asahan dan aliran sepanjang Danau Toba tetap terpelihara. Atas dasar itu, timbul ide dari kami Anak Porsea Satu (APS) yang di ketuai oleh Edward Sitorus beserta jajarannya untuk membersihkan tumbuhan eceng gondok di sepanjang aliran Sungai Asahan, untuk memperindah kembali aliran Sungai Asahan.




Sekilas Flashback, pada saat Audiensi ke kantor Lurah Pasar Porsea, Beliau mengatakan “saya rasa ini adalah campur Tangan Tuhan, bertepatan dgn kedudukan saya sebagai Lurah, APS hadir”. Begitu juga ketika Audiensi ke kantor Camat Porsea, Beliau juga mengatakan “sangat setuju akan keberadaan APS yang peduli lingkungan”.




Adapun Survei titik2 pembersihan eceng gondok sudah dilaksanakan oleh seluruh anggota APS bersama Uspika pada tanggal 21 Maret 2015 dengan menggunakan bantuan Speedboat dari Dinas Sosial Toba Samosir.





Sehubungan dengan program tersebut, Pengurus Anak Porsea Satu (APS) berencana mengirimkan surat atau proposal kepada Bpk/Ibu Pimpinan PT INALUM agar kiranya bersedia memberikan bantuan kepada APS berupa penyediaan Kapal Tongkang untuk mendukung kinerja seluruh anggota APS dan Uspika setempat yang pelaksanaannya direncanakan pada 10 April 2015 pukul 08.00 WIB s/d selesai.

Semoga dengan adanya program-program dari Anak Porsea Satu (APS) itu dapat disupport dengan b aik oleh Perusahaan Swasta, Instansi Pemerintah, dan warga setempat demi terwujudnya visi dari Anak Porsea Satu  (APS) untuk Pencanangan Porsea Bersih dan Tertata.

Porsea Satu ... !!!
Porsea Satu ... !!!
Satu Porsea ... !!!


0 komentar

Post a Comment

Ada komentar ?