APS ( Anak Porsea Satu ) Kegiatan Gotong Royong , Senam Sehat dan Berbagai Aktivitas yang Biasa di Lakukan

Salam sejahtera

Sebagai seorang warga masyarakat yang baik, sudah seharusnya setiap kegiatan yang dilakukan di lingkungan harus diikuti dengan baik dan jika ada tugas yang diberikan harus diselesaikan dengan baik pula, salah satu kegiatan yang biasa dilakukan di lingkungan ane adalah Gotong Royong normalisasi parit dan senam sehat.
kegiatan ini rutin dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, biasanya masing-masing kepala keluarga atau warga pria yang sudah dianggap layak (meski belum berkeluarga) akan mendapatkan piket secara bergiliran, biasanya satu kali dalam seminggu.
Tujuan dari kegiatan ini tentu saja untuk memberikan rasa nyaman, sehat kepada warga lingkungan sekaligus mencegah sedini mungkin berbagai kejadian yang tidak diinginkan dan ancaman yang bisa datang sewaktu-waktu.
Atas dasar pengalaman ane mengikuti kegiatan rutin ini, ane menulis coretan sederhana ini untuk berbagi pengalaman tentang keseruan yang terjadi pada saat gotong royong dan senam sehat tersebut.

                        Untuk membuat semua orang suka terhadap sebuah karya itu tidak akan pernah bisa selalu saja ada yang suka dan tidak suka. Ane mohon maaf jika ada yang tidak berkenanSemoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat.

Sekilas Tentang Kegiatan Gotong Royong dan Senam Sehat






                            
Sebelum kita sampai pada pembahasan inti tentang berbagai keseruan saat melakukan Gotong royong dan senam sehat ini, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu apa sih sebenarnya kegiatan gotong royong dan senam sehat ?
Menurut apa yang ane ketahui, Gotong royong merupakan suatu istilah asli Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. tugasnya lebih membersihkan sampah rumah tangga dan sampah jalan, kalau kita membersihkan sampah yang ada di parit,”, di dalamnya juga terdapat pemberian informasi kepada seluruh warga tentang penting nya membuang sampah pada tempat nya .

Salah satu cara yang dilakukan untuk menjaga kelancaran parit tersebut adalah gotong royong normalisasi parit, dilakukan setiap hari jumat sekali seminggu dan untuk senam sehat dilakukan pada minggu pagi. Sebenarnya kegiatan pengamanan ini sudah ada instansi tersendiri yang melakukannya, namun tidak ada salahnya masyarakat juga turut berperan serta di dalamnya supaya kebersihan dan kesehatan lebih terjaga secara maksimal.


  
Berbagai Keseruan Saat gotong royong
1.            Ajang Bersosialisasi Dengan Warga Sekitar



Kegiatan gotong royong itu terdiri dari beberapa orang warga di lingkungan tersebut beserta USPIKA  menurut jadwal yang telah ditentukan, karena terdiri dari beberapa orang itu lah maka berbagai keseruan itu ada, apalagi jika sebelumnya pada hari yang lain kita tidak bisa bertemu dengan mereka, maka lewat kegiatan gotong royong inilah kita bisa bertemu dengan tetangga, saling bercengkrama dalam suasana yang penuh dengan keakraban, bisa dikatakan kegiatan gotong royong ini adalah salah satu kegiatan yang semakin mempererat tali silaturrahim dengan tetangga, apalagi ada persamaan nasib dan juga tujuan yang sama yakni untuk kelancaran saluran parit , dan itu akan semakin membuat suasana semakin menyenangkan dan bukan tidak mungkin warga lain yang bukan jadwalnya juga ikut nimbrung dan akan lebih menghangatkan suasana meski hanya sebentar saja. Sebuah kegiatan yang positif karena selain untuk menjaga kebersihan dan kesehatan juga bisa menjadi sarana mempererat tali hubungan dalam bertetangga dan bermasyarakat.



2.                  Makanan dan Minuman yang Melimpah



Kegiatan gotong royong itu memang dilakukan oleh warga pria, namun warga perempuan juga akan ikut berperan serta lewat spesialisasinya yakni menyajikan makan dan minuman, biasanya akan ada jadwal juga yang dibuat supaya lebih teratur dan semua keluarga akan ikut berpartisipasi dalam menyediakan makan dan minuman.
gotong royong normalisasi parit itu identik dengan kerja berat, jadi sudah barang tentu yang namanya kopi dan teh itu selalu tersedia, belum lagi makanan sebagai teman minumnya. Itu baru makanan dan minuman dari sumber yang terjadwal, terkadang ada saja sumber lain yang juga ikut gabung, damkar dan kegiatan yang lain yang biasa dilakukan.
Iseng dan Nakal itu Pasti ada




-               Menyiram air ke teman
Namanya kegiatan ngumpul pasti selalu ada yang namanya iseng atau kenakalan yang diperbuat, bentuk keisengan itu ada bermacam-macam, yang paling sering adalah mengerjai teman dengan sengaja menyiram air, sedangkan bentuk kenakalan itu biasanya adalah berbuat curang dengan meninggalkan kegiatan gotong royong sebelum waktunya, selalu saja adala alasan yang dibuat supaya bisa pulang lebih dulu,
misalnya saja dengan alasan ada kerjaan mendadak, lagi sakit atau alasan lain yang dibuat-buat supaya bisa pulang ke rumahnya, dan jika sudah pulang maka teman yang berbuat curang itu tidak akan kembali lagi, terlambat datang waktu senam , senam sudah selesai dia baru datang. dan keesokan harinya ketika bertemu selalu ada alasan yang dikemukakan.
Berbagai bentuk keisengan serta kenakalan ini sudah barang tentu akan selalu diingat oleh teman-teman yang lain sehingga jika alasan itu dibuat pada kesempatan yang lain maka semua pasti akan kompak meledek, ada-ada saja yang membuat suasana makin seru dan beragam


Penutup
Sesuai dengan apa yang ane kemukakan  diatas, secara umum ane menyimpulkan bahwa kegiatan gotong royong normalisasi parit dan senam massal ini merupakan bentuk kegiatan yang harus dipertahankan karena masing-masing individu dalam masyarakat
akan memiliki peran serta yang sama dalam menciptakan kondisi yang bersih,sehat dan mencegah sejak dini berbagai hal yang tidak menyenangkan, bukankah kita juga sama-sama mengetahui bahwa mencegah itu lebih baik dari pada mengobati ?
Jangan sampai setelah ada kejadian baru kita melakukan kegiatan gotong royong dan senam jasmani, tapi alangkah baiknya jika kegiatan ini rutin dilakukan secara bersama-sama, Selain fungsi tersebut kegiatan gotong royong dan senam sehat ini juga akan semakin mempererat hubungan bertetangga di dalam lingkungan tersebut, apalagi di jaman yang serba individualis seperti saat ini, jangankan untuk bisa duduk bersama, bertegur sapa saja mungkin jarang dilakukan, nilai-nilai luhur warisan dari nenek moyang seperti ngumpul bareng dan gotong royong juga bisa kita temukan pada kegiatan tersebut.

“PORSEA adalah rumah ku, kalian adalah keluargaku dan tak ada yang lebih penting dari keluarga”

Terima kasih semua


Penulis : Edward Sitorus

2 komentar:

  1. porseo itu mana ya gan, kotanya awesome banget suasananya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Porsea ya gan bukan porseo :D

      ini gan https://www.google.com/maps/d/edit?mid=z3TiL9voDs2Q.krvuiP_K3-9U

      Delete

Ada komentar ?